ION

Atom atau molekul tidak memiliki muatan (muatannya netral). Bila atom atau molekul muatannya tidak netral, maka atom atau molekul yang bermuatan tersebut disebut ion. Berdasarkan jenis muatannya terdapat dua jenis ion, yaitu kation dan anion. Kation bila atom atau molekul bermuatan positif. Anion bila atom atau molekul bermuatan negatif.

Atom adalah netral, mengandung jumlah yang sama dari proton dan netron. Sedang ion adalah partikel bermuatan yang dihasilkan dengan pemindahan elektron dari atom netral menghasilkan ion bermuatan positif, jika menerima elektron maka dihasilkan ion bermuatan negatif. Ketika ion terbentuk, maka jumlah proton tidak berubah.

Ikatan kimia yang terjadi karena gaya tarik listrik ini disebut ikatan ion. Senyawa yang terbentuk karena adanya ikatan ion disebut senyawa ion. Adanya gaya tarik yang kuat ini bisa menjelaskan mengapa garam-garam atau senyawa ion umumnya memiliki titik leleh dan titik didih yang tinggi, jauh lebih tinggi dari zat-zat yang tersusun atas molekul-molekul.

Pembentukan ion positif

Pembentukan ion negatif

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: